LeTAK

Kesehatan

Kesehatan

LeTAK merupakan singkatan dari Lembaga Transformasi dan Advokasi Kesehatan. Merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang Kesehatan. Lahir dari keprihatinan terhadap penanganan di bidang kesehatan di republik ini (RI), delapan orang muda-mudi kemudian berkumpul di Villa Shorea Asri, Cisarua Bogor, memperbincangkan dan mendiskusikan permasalahan-permasalahan di bidang kesehatan, yang sebenarnya memiliki korelasi terhadap bidang-bidang lainnya. Misalnya, Pendidikan, Ekonomi, Sosial budaya, dan juga Politik. Dari diskusi dan perbincangan tersebutlah, kemudian lahir LeTAK. Sebenarnya istilah LeTAK baru di sepakati di saat-saat akhir sebelum masuk ke akta notaris. Ide itu muncul dari bung Joe Marbun (pemilik blog ini). Awalnya beragam penamaan dibuat, ada yang mengatakan delapam, karena sesuai dengan tanggal bulan dan tahun kelahiran, ada yang mengatakan LKAK Delapan, dan ada juga mengatakan Therapy. Memang cukup sulit juga membuat nama.

 

Adapun Pendiri dari organisasi LeTAK yaitu: Joe Marbun, Vivi Wangka, Dedi Baboe, Rida Damanik, Adi Marbun, Dina Puspitarani, Daniel Sadana, dan Nicole E. Davill. Dan yang setia memenuhi kebutuhan logistik kami yaitu saudara Leo Marbun yang baru sehari datang ke Jogja untuk berkuliah di Teknik Industri UPN Jogjakarta, langsung di ajak ke Bogor. Teman-teman tersebut di atas, merupakan orang-orang yang berpengalaman dalam organisasi sosial dan kemanusiaan, khususnya dalam bidang kesehatan dan anak. Satu orang teman kita, Nicole berasal dari Australia dan bekerja sebagai penerjemah di KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Jakarta.

Sebagai organisasi baru, tentunya banyak halangan dan rintangan yang dihadapi. Harapannya, dengan berbekal pengalaman yang ada, organisasi ini bisa berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam rangka memajukan ataupun meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Masyarakat bisa Hidup Sehat dan mandiri, tidak menggantungkan kesehatannya semata-mata pada pihak lain. Bagi yang menjadi korban-korban mallpraktek ataupun produksi makanan kadaluarsa (beracun), diharapkan ke depannya tidak ada lagi atau minimal berkurang drastis. Perlu ditekankan juga bahwa Kesehatan merupakan Hak Asasi Manusia, dan ini diatur dalam Konstitusi World Health Organization (WHO) tahun 1946 yang kemudian dikukuhkan dalam Universal declaration of Human Rights article 25 – 26 yang dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1948 yang di kenal dengan PIAGAM HAM. Hal ini juga diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) melalui Pembukaan alenia ke-4 dan pasal 34 ayat ke (2) Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan, dan ayat (3) Negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak.

Untuk lebih jelasnya dapat disini di uraikan profile organisasi kami:

PROFILE LEMBAGA

 Nama Singkat               : LeTAK

Nama Lengkap             : Lembaga Transformasi dan Advokasi Kesehatan

Tanggal Berdiri             : 08 Agustus 2008

Akte Notaris                 : No.3 tanggal 22 September 2008, Ayu Resmiyati, SH

Alamat Kantor              : Jl. Tebet Barat V B No. 5, Tebet, Jakarta Selatan – Jakarta.

Email: letak8@yahoo.com

Pimpinan                      : Jhohannes Marbun, S.S.

HP 0813 28423630, email: joe.marbun@gmail.com

Wilayah Kerja              : Seluruh wilayah hukum Republik Indonesia

 Visi:

Terwujudnya masyarakat sehat dan berdaya

Misi:

Menempatkan diri sebagai mitra kerja bagi instansi-instansi dan wadah-wadah yang lain untuk memberikan kontribusi positif bagi kesehatan masyarakat.

Membantu pemerintah mewujudkan masyarakat yang sehat dan berdaya.

Menumbuh-kembangkan swadaya masyarakat dalam kegiatan pembangunan kesehatan dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

 Strategi Kerja:

Advokasi

Jaringan

Pengembangan Masyarakat

Informasi dan komunikasi

Partisipati  Masyarakat

 Struktur Kepengurusan:

Koordinator                   : Jhohannes Marbun, S.S.

Wakil Koordinator       : Dedy Baboe, S.KM.

Sekretaris                       : Dinar Puspatarani, S.KM.

Bendahara                      : Daniel Sadana

 Divisi – divisi :

Program                          : Vistamika Wangka, S.Th., Rida Damanik

Monev dan litbang        : Adi Susanto Marbun, Nicole Elizabeth Davill

Demikianlah beberapa hal yang perlu disampaikan tentang organisasi LeTAK. Tentunya kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, NGO/ INGO, Donor/ Funding, Swasta, Masyarakat, dan Pihak lainnyam sangat di harapkan demi memajukan pelayanan-pelayanan di Bidang Kesehatan.

 

Tentang joemarbun

Dilahirkan di sebuah propinsi yang kaya minyak bumi, yaitu bumi lancang kuning Riau. 3 bulan setelah lahir, langsung dibawa ke kebun Sei Rokan Riau, di tempat dimana Bapak saya bekerja hingga pensiun. Sampai kelas 1 (satu) SMA, waktunya dihabiskan di Ujung Batu Rokan. Setelah itu Hijrah ke KOta Palembang smpe lulus SMA tahun 1998. Setelah itu ke Medan dan terus ke kota Jogja dan sekaligus studi di Jurusan Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Hingga saat ini domisiliku di Jogja. Aktifitas selama ini berhubungan dengan sosial dan kemanusiaan. Saat ini mendirikan Lembaga Transformasi dan Advokasi Kesehatan (LeTAK) pada 08 Agustus 2008 (08-08-08) yang berkantor di Jakarta. Tidak hanya sampai disitu. pada awal bulan Januari 2009, saat terjadinya pengrusakan situs Majapahit Trowulan oleh oknum pemerintah pusat melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, saya bersama beberapa teman mendirikan sebuah organisasi yang bernama: Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (MADYA) yang konsen untuk permasalahan-permasalahan Warisan Budaya di tanah air Indonesia.
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s